Timnas Indonesia Tergabung Di Grup C Piala Asia, Peluang Ke Babak Berikutnya Terbuka Lebar

Timnas Indonesia Tergabung Di Grup C Piala Asia, Peluang Ke Babak Berikutnya Terbuka Lebar

Induk sepakbola Asia, AFC secara resmi telah merilis pembagian grup kejuaraan Piala Asia U-16 yang akan berlangsung di Malaysia tahun ini. dalam rilisan resmi mereka melalui the-afc.com (26/04/2018), Skuat Garuda Asia ditempatkan di grup C, bersama dengan tim kuat Asia, Republik Islam Iran, sang negeri tetangga Vietnam, dan juga India. Sedangkan dua wakil Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand dan tuan rumah Malaysia, mereka tergabung digrup yang sama, yakni grup A, bersama dengan tim kuat Jepang, dan juga kekuatan baru Asia Tengah, Tajikistan.

Meski ditempatkan di pot keempat alias pot non unggulan, namun sejatinya pada pembagian grup Piala Asia U-16 kali ini, grup yang ditempati oleh Indonesia tidaklah terlalu ketat. Iran mungkin menjadi satu negara favorit untuk bisa lolos ke babak 8 besar dan menjadi wakil dari grup ini, namun, untuk satu tempat lainnya, peluang ketiga negara, yakni Indonesia, India dan juga Vietnam, bisa dikatakan berimbang.


Okelah India saat ini persepakbolaannya tengah berkembang pesat. Namun, jika dibandingkan dengan kekuatan yang dimiliki oleh Indonesia U-16, gap kekuatan antara dua tim ini tentu saja masih dalam jangkauan kedua kesebelasan. Kecerdikan pelatih dan juga skill individu kemungkinan akan menjadi pembeda hasil akhir dalam pertarungan dua negara yang memiliki sejarah perkembangan kemasyarakatan yang erat ini. untuk fisik? Okelah, masih berimbang pula. Ingat, meski India menjadi kontestan Piala Dunia U-17 edisi terakhir, namun sejatinya mereka lolos karena berstatus sebagai tuan rumah dan mereka pun pada akhirnya hanya menjadi bulan-bulanan tim yang menghuni grup sama dengan mereka.


Untuk Vietnam? Sepertinya kita tak perlu lagi membahas kekuatan mereka. Meski menjadi kekuatan baru sepakbola Asia, namun rekor pertemuan kedua tim pun relatif masih berimbang. Mereka masih sering berbagi hasil, atau bahkan saling mengalahkan. Terbaru, kedua tim pernah berbagi hasil imbang saat melakoni pertandingan di ajang Thien Phuong Plastic Cup 2017 lalu, yang menghasilkan Indonesia U-15 sebagai juara. Selain itu, yang terbaru tentu saja pertemuan mereka berdua di ajang Jenesys Cup tahun ini, yang berakhir beberapa waktu lalu. Sama dengan Thien Phuong Turnamen, pada ajang tersebut, skuat asuhan Fachry Husaini berjaya dan menjadi yang terbaik dari tim-tim yang berlaga, termasuk Vietnam


Dengan konstelasi kekuatan tim yang seperti diatas, setidaknya kita bisa optimis, jika langkah anak-anak Garuda Asia bisa lebih jauh dalam gelaran Piala Asia U-16 ini. melawan Iran, memang harus diakui kita selangkah tertinggal dari mereka. Namun, ketika bersua dengan India, dan juga Vietnam, maka akan sangat mungkin jarak kekuatan antara tim-tim tersebut, bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk bisa mengamankan 3 poin. dengan asumsi tersebut, maka setidaknya, 8 besar Piala Asia U-16 tahun ini, akan berhasil dicapai oleh anak asuh Fachry Husaini untuk kemudian memfokuskan diri agar bisa mencapai babak semifinal demi menjaga asa tampil di Piala Dunia U-17 edisi mendatang bisa menjadi kenyataan.

sumber


Contact Us

Name

Email *

Message *

Categories

Powered by Blogger.

Arsip Blog